Sejarah Berdiri

Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Grogol Kabupaten Sukoharjo Provinsi Jawa Tengah didirikan pada tanggal 14 Juli 1981. Berawal dari kondisi masyarakat di wilayah kecamatan Grogol khususnya anak-anak usia sekolah dan banyaknya lulusan sekolah dasar yang tidak melanjutkan sekolahnya, menjadi salah satu alasan yang mendasari berdirinya SMP Negeri 1 Grogol. Jika ingin melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama, khususnya Sekolah Menengah Pertama Negeri para anak-anak lulusan SD terhambat kendala jarak yang cukup jauh, otomatis biaya transportasinyapun mahal dan sulit. Jika ingin melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama khususnya yang negeri paling tidak harus ke pusat kota Sukoharjo, ke Solo, ke Bekonang dan lain sebagainya, dengan jarak yang harus ditempuh ± 12 Km.

Atas dasar kondisi inilah, Bapak Camat Grogol kemudian berinisiatif mengajukan permohonan ke Departemen Pendidikan dan Kebudayaan supaya di Kecamatan Grogol didirikan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN). Sehingga pada tahun 1980 dari Kakandep Depdikbud. Kabupaten Sukoharjo memberikan jawaban usulan tersebut dengan catatan harus menyediakan tanah seluas 12.000 m2. Pada waktu itu di desa Telukan-lah yang menyanggupkan diri untuk menyediakan tanah tersebut atas dasar keputusan rembug desa dan disetujui oleh Bapak Camat Grogol dan Bapak Bupati Sukoharjo.

Setelah masalah urusan tanah selesai maka pada tahun yang sama 1980 dilaksanakan pembangunan gedung sekolah yang terdiri dari : 6 (enam) lokal kelas, 1 (satu) ruang kantor, 1 (satu) ruang guru, 1 (satu) ruang laboratorium, 1 (satu) kantor Kepala Sekolah, 1 (satu) ruang keterampilan, 1 (satu) kamar mandi dan WC, 1 (satu) water torn dan sanyo.

Pada tahun ajaran 1981 SMP Negeri 1 Grogol sudah menerima siswa baru, dan Sekolah Menengah Pertama tersebut diberi nama Sekolah Menengah Pertama Negeri Grogol. Dan pada tahun ajaran baru 1981/1982 sementara menerima siswa baru sebanyak tiga kelas. SMP Negeri 1 Grogol telah mengalami banyak pergantian kepala sekolah sampai pada kepala sekolah yang menjabat sekarang ini yaitu Bp. Hartanto, S.Pd., (2021 – sekarang).